Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
Member login

Pembinaan oleh Ketua Kamar Agama MA RI

26Feb

Sungailiat-Bangka|Jum’at 23 Februari 2018

Bertempat di Parai Beach Resort Hotel Sungailiat Kep. Bangka Belitung, Ketua Kamar Agama MA RI Bapak  Dr. H. Amran Suadi, SH., M.Hum., MM. didampingi Bapak Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, SH., MH. dan Dirjen Badilag yang diwakili oleh direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Bapak Dr. H.M. Fausan,SH., MM., MH. Melakukan pembinaan yang dihadiri oleh semua Hakim, Panitera, Sekretaris PTA dan PA. Sewilayah Bangka Belitung.

Dalam pembinaan ini, Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, SH., M.Hum., MM. menekankan kesiapan para hakim dan panitera di lingkungan Peradilan Agama khususnya :

  1. Meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan kerapian dalam berpakaian dimana hal tersebut menjadi sorotan ditahun tahun sebelumya.
  2. Tidak terjadi kesalahan dalam membuat laporan tahunan, karena ternyata tahun sebelumnya terjadi ketidak singkronan laporan tahunan, diantaranya sisa perkara yang terdeteksi. di Mahkamah Agung sisa perkara Pengadilan Tingkat Banding 972 perkara tetapi sebenarnya hanya 86 perkara (tidak sama data SIPP dengan data yang manual)
  3. Rencana penyederhanaan panggilan pihak ke luar negeri.
  4. Peningkatan jumlah nominal harta perkara Ekonomi Syariah dari Rp.200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) ke Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)
  5. Masalah-masalah teknis lainnya.

Dalam acara tersebut dilangsungkan juga sesi tanya jawab, pada sesi ini peserta sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan, salah satu diantaranya diajukan oleh hakim Pengadilan Agama Sungailiat Ibu Zulfa Yenti, S.Ag., M.Ag. tentang prosedur penerimaan gugatan intervensi pada pengadilan tingkat pertama ?

Sebelum kepulanganya ke Jakarta Hakim Agung MA RI Bapak Dr. H. Edi Riadi, SH., MH. didampingi Ketua PTA Bangka Belitung Bapak Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H, menyempatkan diri mengunjungi kantor Pengadilan Agama Sungailiat, diawali dengan mengisi buku tamu, melihat peta wilayah dan jarak tempuh para pencari keadilan dalam yuridiksi Pengadilan Agama Sungailiat, dalam kunjungan ini beliau mengapresiasi kebersihan dan kesiapan fasilitas Pengadilan Agama  Sungailiat dalam melaksanakan SAPM, beliau juga menyarankan untuk ruang arsip dan ruang perpustakaan juga dijaga jangan sampai lembab dan pengap.  

Diakhir kunjungannya beliau mengajak semua yang hadir untuk berfoto bersama

Written by

About the author


~ admin ~

Leave a reply