Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
Member login

UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH MELALUI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA SUNGAILIAT

30Apr

Sungailiat-Bangka/Jum’at 27 April 2018.

Seiring dengan berkembang pesatnya aktivitas Ekonomi Syariah di Indonesia Umumnya khususnya pada wilayah Bangka Belitung, berdampak pula pada munculnya berbagai macam sengketa Ekonomi Syariah yang tidak dapat dihindarkan, sengketa antara nasabah dan pihak bank syariah ini dipicu oleh berbagai hal, begitu juga yang terjadi pada wilayah hukum Pengadilan Agama Sungailiat.

Berdasarkan pendaftaran perkara Nomor : 0214/Pdt.G/2018/PA.Sglt.  Jenis Akad Musyarakah antara BPRS (Penggugat) melawan Nasabah (tergugat) Bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Sungailiat Kep. Bangka Belitung, Hakim Pengadilan Agama Sungailiat Ibu Zulfa Yenty, S.Ag.,M.Ag. berusaha menyelesaikan sengketa ekonomi syariah yang telah didaftarkan sebelumnya pada Pengadilan Agama Sungailiat melalui jalur Mediasi. Proses mediasi dalam perkara perdata, baik dalam lingkungan peradilan umum maupun peradilan agama, wajib dilakukan, jika tidak maka hakim dianggap melanggar ketentuan Pasal 154 Rbg. jo pasal 3 PERMA RI NO.1 Tahun 2016 tentang prosedur mediasi di Pengadilan.

Alhamdulillah dalam mediasi tersebut kedua pihak, yaitu BPRS (Pihak Penggugat) dan Nasabah (Pihak Tergugat) menemukan kata sepakat, pihak Penggugat bersedia menjadwal ulang waktu pembayaran tergugat.

Fakta di lapangan menunjukan bahwa penggunaan mediasi dalam menyelesaikan perkara ekonomi syariah di Pengadilan Agama membuahkan hasil yang cukup signifikan.

Written by

About the author


~ admin ~

Leave a reply