maklumat

Seputar Peradilan

KUNJUNGAN BIRO KESRA PROVINSI DAN KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BANGKA BELITUNG BERKAITAN DENGAN ITSBAT NIKAH TERPADU KE

PENGADILAN AGAMA SUNGAILIAT

 

1

Sungailiat-bangka//pa.sungailiat.go.id//Rabu,18 Maret 2020 Sungailiat mendapat kunjungan dari Rombongan Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kunjungan tersebut dalam rangka konsultasi penyelenggaraan Itsbat Nikah Terpadu yang rencananya akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada saat perayaan ulang tahun (Ultah) Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2020.

Rombongan dari Biro Kesra Setda Pemprov Bangka Belitung dan Kanwil Kementerian Bangka Belitung diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Drs. H. Azkar, S.H., Hakim Pengadilan Agama Sungailiat, M. Andri Irawan, S.H.I., M.H, Panitera Pengadilan Agama Sungailiat, Hj. Helmawati, S.Ag., Sekretaris Pengadilan Agama Sungailiat, Alias, S.H., dan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Sungailiat, Supri, S.H.I., M.H.

Dalam kunjungan tersebut, Kabag Fasilitasi Keagamaan Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Sofyan, S.Ag yang didampingi Kabag Pendidikan, Keluarga Berencana, Pemuda dan Pariwisata Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Suryadi Yusuf Hasan, S.Ag dan Kasubbag Pendidikan dan Kebudayaan Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuli Fitriani, menyampaikan rencana pemerintah provinsi yang akan menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu yang melibatkan Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung dan Kementerian Agama Bangka Belitung. Rencananya, Itsbat Nikah Terpadu tersebut akan melibatkan 1.000 orang atau 500 pasangan suami istri yang nikah sah dan belum mencatatkan status perkawinannya di Kantor Urusan Agama (KUA).

3

“Tujuan kami untuk mendapatkan informasi tata cara penyelenggaraannya termasuk rencana penganggarannya, karena Pak Gubernur sangat antusias jika kegiatannya bertujuan untuk membantu masyarakat,” kata H. Sofyan, S.Ag.

Lebih lanjut H Sofyan menyatakan, peserta itsbat nikah terpadu sebanyak 500 pasang tersebut, rencananya berasal dari 5 (lima) kabupaten/kota yang ada di Pulau Bangka.

“Rencananya, 100 pasang peserta dari tiap-tiap kabupaten/kota, yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat sehingga jumlahnya menjadi 500 pasang atau 1.000 orang,” jelasnya seraya menambahkan, kegiatan tersebut dalam rangka peringatan ultah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2020 mendatang. “Setelah pertemuan ini, kami akan menjadwalkan pertemuan lanjutan untuk teknis penyelenggarannya di Pemprov Bangka Belitung yang melibatkan pihak terkait terutama Pengadilan Agama di wilayah Bangka Belitung dan Kementerian Agama,” tambahnya,

Pihak Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung dalam hal ini diwakili, Abdul Malik dan Abdul Qodir Jaelani menyambut baik rencana pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut. Bahkan, menurutnya, sekarang adalah pertemuan yang ketiga setelah sebelumnya di pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan yang kedua di Pengadilan Tinggi Agama Kepualauan Bangka Belitung.

Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Drs. H. Azkar, S.H., menyatakan siap mendukung rencana pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut dalam rangka membantu masyarakat. “Khususnya terhadap masyarakat yang berada di wilayah yurisdiksi kami, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Insya Allah pada tanggal 1, 2 dan 3 April 2020 bertempat di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, kami juga akan menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah bersama enam Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah Bangka Tengah,” jelas Drs. H. Azkar, S.H.

4